Wednesday, July 27, 2016

Mengapa Perlu Membudidayakan Gaharu GM Super


Salam GM Super,

Dalam dekade 10 tahun terakhir ini 2006 s.d 2016, perkembangan penanaman pohon gaharu di Indonesia termasuk pesat sekali, namun sangat di sayangkan pemahaman akan gaharu itu sendiri belum begitu banyak di pahami oleh para pelaku budidaya pohon gaharu, sehingga perlu kiranya tulisan ini saya tuliskan untuk meluruskan pemahaman yang benar akan hal tersebut.

Terbuai oleh mimpi dan berita yang beredar di berbagai media yang mengatakan harga gaharu mencapai ratusan juta per kg nya, Banyak membuat berbagai kalangan terpikat untuk menanam gaharu sebanyak-banyaknya, TANPA MENGETAHUI APA YANG MEMBUAT HARGA per kg gaharu BISA SEMAHAL ITU ?

Disini saya ingin menyampaikan apa saja yang membuat gaharu bisa mencapai harga sangat mahal, ....
PERTAMA, gaharu tersebut berasal dari gaharu alam, dimana usianya sudah mencapai puluhan tahun, bahkan ratusan tahun. Alam telah membentuk resin gaharu pada batang pohon tersebut secara alami , tanpa campur tangan manusia. Proses pembentukan resin itu sendiri di perkirakan berlangsung dalam jangka waktu yang cukup lama, diatas 7 tahun.......

KEDUA, chip resin yang terbentuk memiliki nilai seni/nilai estitika yang tinggi. yang secara otomatis memiliki harga setarap dengan barang langka, uniq dan memiliki aroma wangi yang khas.

KETIGA, kerapatan molekul yang terbentuk pada gaharu tersebut sangat tinggi, dikarenakan proses terjadi pada batang kayu yang sudah memiliki umur yang tua. bahkan ada yang bisa tenggelam di dalam air. 

Secara umum, itulah yang membuat nilai sepotong gaharu menjadi sangat mahal. .... Pertanyaannya sekarang apakah mungkin kita bisa menghasilkan gaharu yang mendekati mutu setingkat yang dihasilkan oleh alam secara alami ?......

Saya berpendapat, untuk mendekati mutu mungkin bisa, namun bila setingkat dengan grade mutu gaharu alam, nampaknya belum ada yang membuatnya hingga saat tulisan ini saya tuliskan.


Berkaca dari kejadian yang sudah ada, team gm super, telah melakukan berbagai penelitian dan percobaan selama kurang lebih 5 tahun terakhir, sehingga kami bisa menghadirkan kepada anda semua sebagai pelaku pembudidaya pohon gaharu, sebuah teknologi budidaya pohon gaharu yang kami namakan pohon gaharu unggul "GM Super".

Penanaman pohon gaharu unggul gm super memerlukan masa tanam 8 s.d 10 tahun, atau akan lebih baik dalam rentang waktu 10 tahun s.d 12 tahun masa tanam, untuk dapat menghasilkan nilai ekonomi berkisar Rp. 15 juta per batangnya.

Dengan melakukan perawatan khusus yang di mulai sejak dari pembibitan hingga 6 tahun ke depan, pohon gaharu gm super memiliki waktu proses pembentukan resin pada batang yang cukup dalam rentang waktu 6 s.d 8 tahun, untuk masa panen 8 tahun atau 10 tahun. Dan akan lebih baik lagi bila di tuakan lebih lama lagi, tentunya hasilnya jauh akan lebih baik.

Jadi Intinya, sebatang pohon gaharu budidaya akan memiliki nilai jual yang tinggi apa bila :
  1. Memiliki kadar resin yang tinggi pada batang pohonnya.
  2. Untuk chip resin yang baik di perlukan proses waktu yang cukup di dalam batang, serta di berikan khusus secara berkesinambungan dan bertahap.
  3. Obat/serum/inokulan yang digunakan harus bersesuaian dengan kondisi pohon gaharu.
JADI TIDAK PERLU MENANAM POHON GAHARU HINGGA RIBUAN BATANG, BILA ANDA TIDAK SIAP UNTUK PENDANAAN PROSES INOKULASINYA.

KARENA SEBATANG POHON GAHARU YANG BERUSIA 1O TAHUN PUN, TIDAK LEBIH NILAINYA DARI SEBATANG POHON SENGON, APABILA POHON TERSEBUT TIDAK BERISI RESIN GAHARU YANG MEMADAI.



No comments:

Post a Comment